Selasa, 25 September 2018

Tutorial Pembuatan Soal Ujian Menggunakan Google Form

Assalamualaikum,

Pada postingan kali ini saya akan coba bahas mengenai aplikasi google form yang bisa digunakan untuk mempermudah guru-guru ataupun dosen dalam mengadakan test, quiz, ataupun sekedar pekerjaan rumah bagi siswa didiknya.

Kenapa menggunakan aplikasi google form? karena dengan menggunakan aplikasi ini pekerjaan para guru dan dosen akan lebih mudah dan praktis, apa sebab bisa menjadi mudah dan praktis? karena dengan menggunakan google form maka dari pembuatan soal, jawaban, penyimpanan soal di server bahkan penilaian bisa dilakukan oleh google secara otomatis, bagaimana? enak toh :) 

Nah, tanpa berpanjang lebar lagi karena kalau terlalu panjang kasian emak-emak kalau terlalu lebar kasian bapak-bapak, marilah kita mulai pembuatan soal menggunakan google form ini. 

1. Pastikan anda memiliki account google
Syarat utama dari penggunaan tehnik ini adalah anda harus memiliki account google atau terdaftar/terregistrasi dalam account google, jika anda belum memiliki account google maka yang perlu anda lakukan adalah membuat account e-mail pada server google, untuk membuat e-mail google baru silahkan klik disini  

Silahkan anda isi persyaratan pembuatan account google tersebut sampai selesai dan sukses terregister pada server google.

2. login dan cek google drive
Setelah account google anda sukses dibuat maka langkah selanjutnya adalah masuk ke account anda kemudian akses google drive anda. Kenapa harus mengakses google drive? karena google drive itu nantinya akan berperan sebagai tempat penyimpanan soal-soal ujian anda, dari google drive ini pula nanti siswa akan mengakses soal ujian tersebut dan tak lupa pula response/jawaban siswa pun akan tertampung pada google drive anda ini, oleh sebab itu kita pastikan bahwa google drive kita sudah aktif dan siap pakai. Berikut ini link untuk mengakses google drive.


3. Membuat soal dan jawaban di Office Word
Setelah account google kita aktif kemudian google drive kitapun sudah aktif langkah selanjutnya adalah kita mempersiapkan soal dan jawaban agar nanti bisa mempermudah ketika pembuatan form secara online, kenapa harus membuat soal terlebih dahulu? karena google form itu selalu online jika kita membuat soal langsung di google form maka akan banyak waktu dan bandwidth internet yang akan terbuang, nah jika soalnya kita sudah buat terlebih dahulu maka nanti ketika online di google kita tinggal copas soal dan jawabannya dari file yang sudah kita buat sebelumnya itu akan menghemat banyak waktu dan biaya internet.


4. Mengakses Google Document
Setelah soal ujian selesai kita buat maka langkah selanjutnya adalah mulai mengakses google document 

 
setelah masuk ke halaman google document, langkah selanjutnya adalah kita mengklik tab FORMULIR yang berada dibagian atas untuk masuk ke section google form


setelah sampai dihalaman google form, silahkan anda klik bagian template 



setelah masuk dibagian template, silahkan anda pilih blank Quiz untuk mulai membuat soal 



setelah masuk tampilannya akan menjadi seperti ini

setelah masuk maka kita akan ganti judul dokumen kita menjadi sesuai yang diinginkan misalnya Quiz Matematika Dasar atau UTS Kimia sesuai kebutuhannya, caranya klik dibidang sebelah kiri atas dan gantilah namanya


setelah nama diganti maka langkah selanjutnya adalah mengatur penyimpanan soal tersebut pada folder yang kita buat di google drive, caranya buka google drive kita, klik new klik folder dan beri nama folder sesuai kebutuhan misalkan Soal Ujian 



setelah folder di google drive selesai dibuat kita kembali lagi ke google form untuk mensetting folder penyimpanan soal, caranya klik icon folder disamping judul file yang kita rubah sebelumnya

kemudian pilihlah folder yang sudah kita buat pada google drive tadi dan klik pada tombol move here yang tersedia dibagian bawah

 
oke, jika sudah selesai penyimpanan kita lanjutkan ke pembuatan soal.

Silahkan anda ubah Judul Soal dan perintah untuk menuliskan Nama dan Kelas secara lengkap dan benar


 
apabila sudah selesai, kita lanjutkan dengan membuat field untuk pengisian nama siswa jangan lupa untuk mengganti jenis question disebelah kanan dengan type short answer



Setelah field nama siswa dibuat sekarang giliran field kelas kita buat, caranya adalah dengan menambahkan Question baru, silahkan klik tombol add question disebelah kanan layar

 
ulangi lagi langkah ketika membuat nama siswa tadi, sampai jadi nama dan kelas seperti contoh ini dan jangan lupa field nama dan kelas tadi atribut requirednya diaktifkan


Selanjutnya kita akan mulai membuat soalnya, caranya adalah tambahkan section baru dibawah field verifikasi berisi nama dan kelas tadi, tekan tombol add section disebelah kanan sampai muncul section baru atau section 2 dibawah section awal tadi
 
 

ubah judul untitled section menjadi "SOAL" dan descriptionnya menjadi "Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar"



jika sudah maka kita akan memasuki soal pertama, buat pertanyaan baru ditombol add question 




kemudian kita buka soal di office word yang sudah kita buat sebelumnya, select/blok pertanyaan no.1 


kemudian kita paste pada kolom question sehingga hasilnya seperti berikut ini


selanjutnya lakukan copy paste juga untuk jawaban, hanya bedanya pastenya pada bidang option 1,2,3 dan 4, jika sudah jangan lupa pula untuk mengaktifkan opsi required dan klik answer key untuk menentukan jawaban yang benar dari pilhan ganda tersebut


kemudian tambahkan bobot nilai untuk soal tersebut dan tandai jawaban yang benar 

 
jika sudah maka ulangi step buat pertanyaan baru untuk soal soal berikutnya,oke sampai disini kita sudah selesai membuat soal dan selanjutnya kita akan memberi tema pada soal kita agar tampak menarik dan tidak membosankan, caranya adalah klik tombol customize theme pada icon palette cat di pojok kanan atas



 
kemudian pilih header theme dan tekan tombol select 


sehingga hasilnya menjadi menarik seperti dibawah ini 


oke jika sudah jadi, langkah terakhir adalah mengirimkan link soalnya kepada siswa.

Ada 2 langkah dalam mengirimkan link soal, yang pertama menggunakan e-mail masing-masing siswa


yang kedua menggunakan link, jika menggunakan link jangan lupa untuk menceklist shorten URL agar linknya tidak terlalu panjang, kemudian link tersebut bisa dikirimkan lewat message group (What'sapp, BBM dan lain sebagainya)kelas yang bersangkutan

 
jika soal sudah dikirimkan maka kita tinggal menunggu siswa mengirimkan jawaban, bisa kita cek melalui tab RESPONSE jika sudah ada maka kita bisa import nilai dan jawaban siswa tersebut ke bentuk Excel dengan mengklik tombol hijau disebelah kanan, yang asiknya adalah penilaian sudah dilakukan secara otomatis oleh google kita bisa skip mengoreksi jawaban siswa dan langsung input nilai, gimana bro en sis? enak toh mantab toh ^_^


dan berikut ini adalah contoh rekap nilai yang sudah diekspor ke bentuk excel terbuka pada browser dan untuk mendownloadnya kita tinggal klik file > download As > Microsoft Excel (.xlsx)


 

Oke sekian dulu tutorial penggunaan google form ini, jika ada pertanyaan silahkan komentar dibawah dan jika masih penasaran juga boleh e-mail kepada saya di sini insyaalloh dibalas kalo saya tau jawabannya ^_^

wassalamualaikum
 
 
 

 
 
 
 
 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar