Rabu, 04 November 2020

Materi Desain Grafis - Pertemuan 6 - Kreatifitas

Bagaimana memandang sebuah karya desain?

Sebuah karya grafis ditangkap mata untuk selanjutnya diolah otak/hati perasaan. Jadi desain yang baik adalah selain bisa diterima otak /akal bisa dirasakan keindahannya oleh hati/perasaan. Selanjutnya untuk membuat karya desain diperlukan keterampilan /skill untuk memvisualisasikannya.

Bagaimana mendapatkan ide dalam mendesain?

Kadang-kadang ide muncul saat dalam kesendirian, khususnya di Toilet. Namun cara tersebut tidak dapat diterapkan pada semua orang. Agar ada ide kreatif dalam mendesain, banyak-banyaklah bergaul, berpergian, membaca, mendengar, menonton yang kita suka maupun yang tidak kita suka.

Bagaimana caranya supaya kreatif?

Kreatif berasal dari kata Create. Sedangkan Creative adalah kata sifat. Maka kreatif dapat diartikan sebagai sifat seseorang yang mampu membuat sesuatu yang baru, untuk membuat sesuatu yang baru tentu harus tahu apa-apa yang tidak baru. Oleh karena itu agar kreatif kita perlu melihat karya-karya orang lain. Tapi jangan sampai Copy & Paste mentah-mentah.

Setelah puas dan bosan meniru karya orang lain, kini silakan anda bereksperimen dengan menggabung/kombinasi/modifikasi dari pengalaman sebelumnya sehingga menjadi sebuah karya yang berbeda (meski tetap ada unsur yang sama).

Setelah jenuh dengan proses modifikasi, kini bersiaplah untuk menjadi kreatif. Dengan pengalaman sebelumnya (tiru & modif) tentu anda bisa membuat sesuatu yang tidak pernah ada sebelumnya. Meski sesuatu yang tidak pernah ada tersebut mungkin pernah ada di tempat dan waktu tertentu. Setelah cukup  kreatif mungkin anda masih kurang puas, selanjutnya silakan anda berbuat diluar kebiasaan yang kadang berbenturan dengan aturan dan norma yang ada. Jangan heran kalau orang lain menyebut anda sebagai orang gila (gila di sini bisa berarti kiasan atau sebenarnya). Tetapi yang jelas orang lain akan mempunyai kesan khusus yang sulit dilupakan jika memandang anda.

Bolehkah saya meniru /menjiplak?

Untuk tujuan pembelajaran, meniru/menjiplak adalah cara yang diperbolehkan bahkan dianjurkan. Istilahnya adalah Redrawing. Tapi jika untuk tujuan komersil, anda harus hati-hati jangan sampai karya anda bermasalah dengan hak cipta. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar