Secara umum proses perancangan grafis mulai dari konsep sampai produksi adalah sebagai berikut :
v Mencari informasi kebutuhan
v Membuat kerangka kerja
v Mencari ide kreatif
v Olah data
v Visualisasi
v Produksi
Konsep diatas kadang bisa juga diaplikasikan untuk bidang perancangan visual yang lain seperti : arsitektur, tekstil/fashion, produk, multimedia dll.
1. Mencari informasi kebutuhan
Sebelum memulai sebuah proyek, mengumpulkan informasi adalah langkah pertama dari proses desain grafis. Disini kita harus mengadakan pertemuan dengan calon klien untuk membahas ruang lingkup pekerjaan secara umum. Pastikan juga untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dalam pertemuan itu. Dan yag perlu diketahui antara lain :
· Apa kebutuhan klien?
· Siapa penonton/audience atau siapa yang seharusnya melihat karya grafis nantinya?
· Produk apa yang dibuat? Logo, brosur, iklan, website, video, multimedia atau lainnya)
· Apa pesan dibalik pembuat produk tersebut?
· Berapa banyk jenis?
· Berapa ukuran atau dimensinya?
· Apakah ada anggaran khusus?
· Kapan batas waktu penyelesaian?
· Contoh desain yang klien sukai separti apa?
· Bagaimana filosofi merk/logo merk perusahaan yang ada sebelumnya?
· Bagaimana desain yang dibuat sebelumnya?
Target Audience
Pertama kali mendesain adalah : siapa yang diharapkan melihat desain kita? Kita tidak bisa menjawab : untuk semua orang! Karena ‘orang’ disini sangat beragam mulai dari bayi sampai orang tua. Dengan mengetahui segmen/audience yang dituju akan memudahkan memilih gaya /style dalam desain.
Berikut ini adalah klasifikasi segmentasi/target audience :
a. Geografi
Menentukan audience berdasar lokasi. Seperti negara, propinsi, kabupaten, kota, wilayah atau kawasan. Dengan mengetahui lokasi target audience, maka kita bisa menentukan budaya, bahasa, adat, agama dan kebiasaan masyarakatnya.
a. Segmentasi demografi
Menentukan audience berdasar :
§ Usia
§ Pendidikan
§ Jenis kelamin
§ Status perkawinan
§ Status ekonomi
§ Suku
§ Agama
Segmentasi psikografi
Segmentasi psikografi membagi-bagi konsumen ke dalam kelompok-kelompok yang didasarkan menurut status sosial, gaya hidup dan kepribadian, yaitu :
1. Status sosial, misal pemimpin masyarakat, pendidik, golongan elite, menengah atau rendah
2. Gaya hidup, misal modern, tradisional, kuno, boros, hemat atau mewah
3. Kepribadian, misalnya penggemar, pecandu atau pemerhati suatu produk
a Segmentasi prilaku
Dibagi berdasarkan status pemakai, kejadian, tingkat penggunaan, atatus kesetiaan, tahap kesiapan pembeli, sikap. Untuk mendapatkan data tersebut dapat menggunakan jasa lembaga survey
Kriteria
Desain grafis lebih tepat namanya menjadi desain komunikasi visual karena kerjanya membuat solusi dalam bentuk visual. Setelah mendengar masukan dari berbagai pihak, kita akan tahu batasan dan syarat (kriteria) sebuah desain yang diinginkan. Tahap ini disebut product knowledge, yaitu mengetahui keunggulan dan kelemahan produk yang akan kita kemas/ visualisasikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar