Senin, 23 November 2020

Materi Desain Grafis - Pertemuan 2 - Percetakan Vs Multimedia

 

Desain Grafis percetakan Vs Multimedia

Meskipun software grafis yang digunakan sama (CorelDraw, Adobe Photoshop, 3D Studio max dll) namun jenis output dan ukuran antara desain grafis untuk percetakan dan desain grafis untuk multimedia ada perbedaan sebagai berikut :

Desain Grafis percetakan :

1.      Palet warna CMYK

2.      File : Tiff, eps

3.      Ukuran file besar

4.      Diproduksi dengan cat atau tinta

5.      Media kertas atau lainnya

6.      Ukuran bidang bebas

7.      Resolusi minimal 300 dpi

8.      Warna dasar = Putih (tanpa tinta/cat)

Desain Grafis Multimedia

1.      Palet warna RGB

2.      File : JPG, Gif, Png

3.      Ukuran file kecil

4.      Diproduksi dengan cahaya lampu RGB

5.      Media monitor atau display

6.      Ukuran bidang mengikuti ukuran monitor 4:3 atau 16:9

7.      Resolusi rendah 72 dpi atau sedikit lebih

8.      Warna dasar = hitam (tanpa cahaya)

Peluang Kerja Desainer Grafis

Designer, Visualizer atau Conceptor?

Ketiga posisi diatas berkaitan dengan ilmu desain grafis, hanya beda segmentasi atau tingkatan saja. Untuk profesi paling awal/bawah adalah Visualizer dimana pekerjaannya adalah menterjemahkan konsep /sketsa desain sampai dengan final agar tampil lebih menarik. Disini kemampuan praktis teknik manual dan komputer sangat berperan. Biasanya orang-orang yang bergelut disini adalah lulusan SMK grafis, D3, operator setting atau tukang cetak.

Diatasnya lagi adalah Desainer yang bisa memutuskan /menentukan desain agar bisa diterima target pasar yang dituju. Perlu pemikiran matang, riset dan studi banding untuk menghasilkan konsep yang tepat. Biasanya orang yang ahli dibidang ini telah menmpuh pendidikan sarjana S1.

Lebih tinggi lagi adalah filusuf yang masuk kedalam kategori Konseptor. Mereka berfikir lebih luas yang melibatkan banyak faktor antara lain budaya, agama, sejarah, geografis, genetis, politis, ekonomis dll.

Analisanya bisa menjangkau ruang dan waktu masa yang akan datang. Pakar komunikasi visual ini biasanya telah menempuh pendidikan sarjana S2, S3 atau telah berpengalaman ditingkat nasional dan internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar